Pertumbuhan konsumen kendaraan bermotor selalu meningkat dari tahun ke tahun. Di tengah-tengah persaingan yang begitu tajam akibat banyaknya merek pendatang baru, perusahaan otomotif perlu melakukan strategi untuk berupaya mendominasi pasar. Menjawab tantangan persaingan, perusahaan otomotif perlu memiliki sebuah sistem informasi handal yang mampu meningkatkan penjualan.
Sistem informasi berbasis spasial adalah sebuah sistem interaktif yang dapat membantu perusahaan meningkatkan jumlah pelanggan, melalui kemampuannya menyajikan data konsumen, distribusi dan pesaing berbasis lokasi atau geografis. Sistem ini juga dilengkapi dashboard yang dapat melakukan monitoring dan analisis kinerja dari para dealer. Kinerja dealer dapat dimonitor dengan baik agar setiap proses yang dijalankan terpantau dengan baik dan sesuai dengan prosedur yang berlaku, sehingga diharapkan kinerja penjualan para dealer meningkat.
Dengan sistem informasi berbasis spasial, perusahaan otomotif dapat memahami lebih baik konsumen potensial mereka dan merencanakan infrastruktur dan jaringan distribusi secara bijak. Perusahaan dapat memahami karakteristik pelanggan yang dimiliki, dimana mampu mengidentifikasi profil demografi pelanggan, serta peta segmentasi demografinya, untuk mengetahui di mana lokasi prospektif terbaik.
Sistem informasi berbasis spasial juga dapat memvisualisasikan jaringan dealer milik pesaing, dan perusahaan dapat menggunakan analisis prediktif untuk menemukan lokasi dealer baru yang prospektif. Data spasial dengan visualisasi yang interaktif ini membantu merencanakan road map pemasaran dan mengetahui strategi yang perlu dikembangkan untuk mencapai target pertumbuhan perusahaan.